Bismillahirahmanirahim.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.
Melanjutkan tulisan saya kemarin, oh, ya kemarin saya bahas :
Kebanayakan TIDUR? RUGI! (psst, ini salah satu tulisan saya yang paling laris dibaca loooh! :D *pagipagiudahpromo )
Kemarin saya bilang kalo saya menyesal dengan masa lalu saya yang gak PRODUKTIF. Ada 2 paretonya, Tidur dan MAIN GAME. Kemarin saya udah janji mau bahas tentang MAIN GAME. Here is it. :D
Sebelumnya saya mau bilang, kalo main GAME gak selamanya negatif. Saya sendiri banyak belajar Bahasa Inggris dari bermain game. Alhamdulillah. Banyak juga teman-teman kita yang sukses dan sangat produktif di dunia per-GAME-an. Ada yang jadi animator, developer game/aplikasi, game player kelas dunia. Anda yang pernah nonton film
Tao Kae Noi (a.k.a Billionaire Secret) pasti tau Top dapat modal usaha dari mana kan.. kalo belom tonton deh, Film Thailand, reccomended banget.. :D
Yang mau saya bahas ini, yang kayak saya, main game yang buat "bunuh" waktu, akhirnya "mati" sendiri. Buat kita yang sekedar main-main aja.
Identik dengan gambar di atas..?
Teman-teman yang berkecimpung di percaturan dunia game harusnya tau game yang satu ini : Warcraft III : Defense of The Ancient (a.k.a DoTA).
Saya ingat, saya kenal game ini pas malam tahun baru 2007, SMA kelas 11, waktu itu saya menginap di sekolah, dan diajak salah satu senior untuk main DoTA.
FYI, 1 partai biasanya kami main sekitar 45 menit, paling tidak 3 partai kami hajar sekali main.
1. FINANSIAL
Sejak saat itu, kami satu geng menjadi maniak yang rajin 'menabung' di warnet. Hampir setiap ada waktu lowong, kami ke warnet. Oh ya, game tersebut biasaya kami mainkan dengan personil 10 orang. Entah sudah berapa juta rupiah yang kami habiskan untuk game tersebut. Jumlah yang harusnya bisa sangat produktif jika kami mengalokasikan ke bidang usaha atau sosial.
Pikirkan, waktu SMA itu rata-rata perhari kami habiskan Rp 5.000 - 10.000/orang. Ambil nilai terkecil lah
Rp. 5.000 dikali 1,5 tahun SMA (+/-
500 hari) dikali
10 orang -->
Rp. 25.000.000 sangat fantastis untuk ukuran anak SMA! (psst, padahal nilai terkecil lhooo, dan 1,5 tahun sebenarnya = 547 hari, dan kami memang bermain hampir setiap hari, SMA lhoo, belum waktu liburan kuliah kita main terus juga!)
Artinya kami telah 'berinvestasi' untuk kesia-siaan sebesar
25.000.000 - 50.000.000 an selama 1,5 tahun SMA! Kecil-kecil cabe rawit! Pedesss!
Waktu kuliah Alhamdulillah sudah punya laptop masing-masing, jadi minim
2. WAKTU
Kita main-main dengan faktor pengali lagi yook. :D
Saya pengen hitung kerugian waktu saya dari SMA sampai kuliah. Anda silakan hitung punya Anda sendiri. Hehe..
SMA : rata-rata main minumum 4 jam sehari x 1,5 tahun (+/- 500 hari) = 2000 jam =
83 HARI
KULIAH : rata-rata main (meskipun gak setiap hari, tapi terhitung sering) main rata-rata 2 jam sehari x 4 tahun (+/- 300 hari pertahun) = 2400 jam =
100 HARI.
TOTAL : 183 HARI! --> Setengan tahun buat 'gituan' doang!
Kira-kira apa seharusnya yang bisa saya hasilkan dengan waktu sebanyak itu..??
Itu saya sendiri lhoo..Dan itu 'cuma' DoTA, saya juga dulu senang mengahbiskan waktu berjam-jam main Minesweeper dan FootBall Manager (sampai salah satu cita-cita saya adalah pelatih sepak bola, hoho..); cuma 3 game itu yang saya bisa maenin soalnya, kalo temen2 mah biasaya main Point Blank, Counter Strike, Winning/PES Eleven, banyak deh pokoknya..
Sekarang? sudah jarang-jarang sih, saya mulai belajar kontrol diri dari ketagihan main DoTA, masih sih, paling 3 hari sekali, itupun terus berusaha dikurangi. Alhamdulillah sudah mendingan. :)
Luar biasa ya.. Sumber daya yang kita alokasikan untuk hal yang 'gak penting'. Hahaha.. #padahalnangis
Gimana teman-teman yang senasib..? lebih banyak mana dengan saya ruginya..? hehe..
udaaah.. jangan kebanyakan di ituuung. yuk mulai tingkatin waktu produktif kita.. jangan main GAME muluuu.. Kecuali temen-temen emang pengen serius dan sukses di bidang GAME.. :)
Kesimpulannya..? yang jelas saya RUGI BESAR, kalo bisa dibilang HAMPIR BANGKRUT!
cukuplah sebagai pelajaran hidup masa lalu, jangan lagi lah di ulangi di masa depan, kalo gam mau RUGI BERKELANJUTAN, lama-lama ya baru nyesel pas udah BANGKRUT BENERAN. :)
SARAN SAYA..? TOBAT DEH TOBAT
Next insya Allah saya bahas tentang "PRODUKTIFITAS" dari sudut pandang 'pencari sesuap nasi'. Insya Allah.
Wassalamu'alaykum warahamtullahi wabarakatuh,
Ridha Ananda Cipta
Twitter/Instagram : @RestorasiRidha
Facebook.com/ReStoreID
Email : RidhaStill@live.com
Belum ada tanggapan untuk "MAIN GAME: "Hampir BANGKRUT!""
Post a Comment