Bismillahirahmanirahim.
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Ada yang tahu apa itu kualitas..?
Wikipedia bilang KUALITAS adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu.
Ilmu Manajemen mengatakan KUALITAS adalah Kualitas adalah ukuran seberapa mampu suatu barang atau jasa memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan standar terntentu.
Singkatnya, kualitas itu adalah kesesuaian ekspektasi konsumen terhadap apa yang kita tawarkan.
Jika barang yang kita tawarkan dibawah ekspektasi kosumen, indikasinya konsumen merasa rugi mengeluarkan uang untuk barang yang tidak sepadan dengan harganya, maka artinya
Kualitas Rendah
Jika barang/jasa yang ditawarkan sesuai ekspektasi konsumen, konsumen tidak merasa rugi telah membayar, maka
Berkualitas
Jika Barang/Jasa yang ditawarkan diatas ekspektasi konsumen, konsumen nagih, maka
Sangat Berkualitas.
Secara manajemen kualitas ada 8 indikasi kualitas suatu produk:
1. Performance --> Karakteristik dasar sebuah produk
2. Durability --> Daya Tahan Produk
3. Conformance --> Kesesuaian produk dengan standar minimum (minim cacat)
4. Preceived --> Manfaat yang dirasakan konsumen
5. Features --> Fitur-fitur Tambahan
6. Aesthetics --> Penampilan Produk
7. Reabilitity --> Keandalan produk dalam jangka waktu tertentu
8. Serviceability --> terkait aftersales service
Dari
7 Formula Mencipta Tren, dalam bukunya
Buka Langsung Laris, Mas Jaya Setiabudi meringkas komponen Kualitas yaitu formula 2-4.
Inilah
7 Formula Mencipta TREN:
1. Bidik Pasar Potensial.
2. Produk yang Ngangenin.
3. Kemasan Pertama diambil.
4. Merek yang Ngetop.
5. Saluran D=P.
6. Penyebar Virus.
7. Pengungkit Konversi.
Semoga Bermanfaat.
Wassalamu'alaykum warahamtullahi wabarakatuh,
Ridha Ananda Cipta
Twitter/Instagram : @RestorasiRidha
Facebook.com/ReStoreID
Kompasiana.com/RidhaAnanda
Email : RidhaStill@live.com
ECAMP #95 | #MBM16
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "KUALITAS"
Post a Comment